Generasi Terbaik Olahraga Futsal di Indonesia

Listen to this article

SURABAYA lintasjatimnews – Manfaat olaraga futsal di malam hari dapat menjaga kesehatan detak jantung. Sebab, para pemain futsal selalu bergerak gesit ke depan dan ke belakang saat pertandingan. Lantaran olahraga ini dimainkan oleh lima orang, mereka selalu berlari, melompat dengan penuh selama 20-40 menit.

Aktifitas tersebut akan membantu para pemain futsal mengendalikan detak jantung dan flek arteri, juga mengurangi tekanan darah tinggi, hingga membakar kalori

futsal yang artinya Sepakbola ruangan permaian ini, dilakukan oleh 5 pemain vs 5 pemain , yang sudah termasuk kiper. Berbeda dengan six soccer yang dimainkan oleh 5 vs 5 + 1 kiper = 6 pemain, futsal dimainkan di atas lantai semen dan rumput sintesis yang sedang ngetren di Indonesia.

Tetapi untuk pertandingan resmi internasional, biasanya di mainkan di atas lantai berbahan rubber atau vinyl berwarna biru muda.

Futsal awalnya lebih sering dimainkan tanpa peraturan hanya kesepakatan antara tim yang satu dengan lawannya. Butuh waktu hampir dua dasawarsa untuk membuat futsal lebih diakui.Kesulitan yang timbul saat beberapa tokoh futsal berniat mengembangkan dan menyebararluaskan futsal.

Pada 2002 dimulailah pertemuan untuk merumuskan aturan baku tentang bagaimana futsal dimainkan. Kesepakan pertama akhirnya dibuat. Karena kondisi (terutama luas lapangan) harus ada perbedaan peraturan, antara futsal dengan sepak bola

Akhirnya pada pertengahan, sekumpulan orang itu mengeluarkan peraturan futsal yang pertama di dunia isinya tidak beda jauh dengan peraturan yang ada sekarang. Aturan tentang futsal selanjutnya dibakukan.

Perkembangan futsal di Indonesia pun semakin pesat. Futsal menyebar ke seluruh dunia karena perpindahan dari daratan orang-orang dari benua Amerika Selatan sampai Asia Tenggara. “Mereka mengenalkan permainan futsal kepada masyarakat indonesia, secara perlahan futsal akhirnya digemari oleh masyarakat indonesia,” ujar Novan penggemar futsal kepada Lintas Jatim News, Minggu (12/06/2022)

Pada tahun 2002 Indonesia telah berhasil menyelenggarakan kejuaraan futsal asia di Jakarta. Pada saat itulah lahir timnas futsal Indonesia yang pertama kali. Yang masih dihuni oleh pemain sepakbola dari klub-klub futsal, akan tetapi pada saat ini futsal telah mengalami perkembangan yang luar biasa . Hal itu terlihat dari banyaknya bermunculan penyewaan lapangan futsal di Surabaya dan kota-kota besar lainnya dan juga turnamen-turnamen futsal.

Reporter : Eko/Novan