Memaknai Hari Lahir Pancasila, Upaya untuk Membangkitkan Kembali Jiwa Pancasilais

Listen to this article

LAMPUNGUTARA lintasjatimnews – Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2022 merupakan momen bersejarah dan bermakna bagi segenap bangsa Indonesia. Tak terkecuali bagi Rahmad Riyadi, pegiat Rumah Baca Api Literasi.

Bagi Rahmad, sapaannya, Makna yang terkandung di dalam Hari Lahirnya Pancasila adalah satu upaya untuk membangkitkan kembali jiwa pancasilais dan nilai-nilai yang terkandung di dalam lima sila.

Dimana dengan perubahan zaman yang semakin tidak terkendali dan sedikit demi sedikit menggerus norma dalam berkehidupan, maka diperlukan satu pembangkit yang mencoba mengingatkan kembali tentang cita-cita bangsa yang harus dijaga dan diperjuangkan sehingga terciptalah bangsa dan negara yang inklusif berkemajuan.

“Di Hari Lahir Pancasila ialah dengan merenungkan pola kehidupan kita masing-masing, introspeksi diri sendiri terhadap apa yang sudah kita upayakan untuk memperjuangkan cita-cita dan nilai yang ada di dalam Pancasila. Selanjutnya ialah selalu terus membaca sejarah, agar kita tahu latar belakang terciptanya nilai-nilai kelima sila yang terkandung didalam Pancasila,” ujarnya, Rabu (1/6/2022).

Ia menuturkan, hikmah yang bisa diambil ialah dengan adanya peringatan ini kita dapat meningkatkan kesadaran terhadap cita-cita bangsa yang belum dan mungkin sangat terdegradasi nilai-nilainya dikehidupan sehari-hari.

“Tantangan kita dimasa sekarang ialah sulitnya membangkitkan kesadaran tentang pentingnya menerapkan pola nilai didalam kehidupan sehari-hari,” pungkasnya.

Reporter: Fathan Faris Saputro