Halal Bi Halal Pengajian Jumpa, Berjumpa Setelah Ramadhan

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews – Pengajian Jum’at Pagi (Jumpa) masjid Taqwa Babat mengawali kegiatan pasca Ramadhan 1443 Hijriyah dengan halal bi halal. Kegiatan ini dihadiri KH Abdul Hamid Muhanan Lc, Jum’at (13/6/2022)

Mengawali pengajian Jumpa hari ini KH Abdul Hamid Muhanan Wakil Ketua PDM Lamongan menyampaikan “Taqabbalallohu minna waminkum, taqobbal ya karim”. Semoga Allah Swt menerima amal ibadah kita dan kamu semua, dan terimalah ya (Allah) yang maha Mulia.

Lanjutnya, itulah doa yang harus diucapkan oleh sesama muslim pada saat bertemu pada saat idul fitri setelah menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Saling mendoakan agar amal ibadah selama Ramadhan diterima Allah Swt.

Beliau menambahkan kebiasan umat Islam Indonesia mengucapan taqabbalallohu minna waminkum yang dilanjutkan dengan ucapan minal aidin wal faizin. Ada juga yang dilanjut dengan ucapan selamat hari raya idul fitri, mohon maaf lahir batin.

Kyai Abdul Hamid menjelaskan, halal bi halal bertujuan mempererat silaturrahim sesama muslim. Saling mengingatkan dengan bertausiyah untuk mengajak berbuat kebajikan setelah berpuasa selama bulan Ramadhan

Sebagai sesama manusia, ungkap Kyai Abdul Hamid kita hendaknya saling memaafkan dan berlapang dada menjauhkan diri dari rasa dendam. Memaafkan secara tulus ikhlas. Kita saling memaafkan karena Allah Swt juga Maha Pemaaf. Wallahu ghofurur rohim.

Dalam tausyiyahnya, kyai Abdul Hamid juga mengingatkan agar umat Islam memelihara kebiasaan baik selama Ramadhan agar terus dipelihara. Misalnya tadarus membaca al Qur’an, shalat malam, shalat berjamaah, infaq, shodaqoh, menyantuni anak yatim dan peduli kaum dhuafa.

“Kebaikan kebaikan itu harus dipelihara bahkan perlu ditingkatkan. Jangan sampai malah dikurangi atau dihilangkan,” jelasnya

Di akhir tausiyahnya, kyai Abdul Hamid mendoakan agar kita semua sehat selalu. Dapat melanjutkan ibadah dan perbuatan baik selama bulan Ramadhan. Menjalani kehidupan dalam keadaan husnul khotimah. Kelak dijamin Allah Swt masuk surga. Barakallahufiikum

Reporter : Fathurrahim Syuhadi