Komitmen Pemkab Lamongan dan BBWS Menangani Banjir Bengawan Jero

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews – Permasalahan banjir yang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Lamongan terus dicarikan solusi. Bertempat di Guest House Pemkab Lamongan dan BBWS Bengawan Solo melakukan koordinasi, Selasa (12/4/2022)

Pemerintah Kabupaten Lamongan yang dipimpin Bupati Yuhronur Efendi melakukan rapat koordinasi bersama Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo Agus Rudyanto. Dalam pertemuan tersebut dilakukan berbagai pembahasan yang menghasilkan konsep penanganan banjir Bengawan Jero.

Diungkapkan Kepala BBWS Bengawan Jero, Agus Rudyanto bahwa pemerintah pusat sudah memprioritaskan anggaran untuk penanganan Bengawan Jero.

“Perlu saya sampaikan bahwa tindaklanjut dari penanganan banjir di Bengawan Jero ini sudah mulai kami jalankan. Kami juga sudah mengusulkan dana sebesar 60 milyar untuk perbaikan pintu Sluis Kuro dan sisanya untuk penambahan pompa. InsyaAllah kali Kuro ini sudah tertutup kita akan efektif mengeluarkan air,” ucapnya.

Agus juga mengungkapkan berbagai skema baik jangka pendek hingga jangka panjang disiapakan dalam upaya menangani banjir di Bengawan Jero atau Kali Blawi agar banjir di Kabupaten Lamongan segera teratasi secara permanen.

“Pak Bupati terus berkoordinasi dan bersinergi dengan kami untuk mengatasi masalah banjir ini. Semoga permasalahan banjir ini segera teratasi,” imbuhnya.

Bupati Yuhronur berkomitmen akan terus mendukung berbagai upaya ini agar permasalahan banjir di Bengawan Jero segera terselesaikan.

“Kami berkomitmen terus mengupayakan agar permasalahan banjir ini segera teratasi. Kami juga akan membuat surat dukungan kepada Kementrian PUPR agar ini segera direalisasikan,” pungkasnya

Reportase : Fathurrahim Syuhadi