Renci: Rumah Baca Api Literasi Menjadi Ruang Gagasan Reflektif

Listen to this article

LAMPUNG lintasjatimnews – Rumah Baca Api Literasi (RBAL) merayakan ulang tahun keempat yang jatuh pada 1 April 2022. Ini merupakan menjadi kebahagiaan kebanyakan orang. Salah satunya yang di alami Renci.

Pegiat literasi Metro ini mengatakan, di era yang tidak pasti ini, semua dituntut untuk tetap teguh berdiri. Tertatih membaca ruang-ruang, menyibak wacana, menelisik mencari makna.

“Rumah Baca Api Literasi (RBAL) hadir menjadi sebuah ruang gagasan reflektif bagi kita agar mampu menganalisa keadaan dan mempertajam pengetahuan. Narasi dan aksi yang dibangun oleh RBAL menyadarkan kita bahwa di era modernisasi seperti sekarang ini, literasi harus tetap digalakkan,” ujar Renci kepada Lintasjatimnews (31/3/2022).

Penulis buku Dinamika Rasa ini menambahkan, empat tahun sudah RBAL hadir memberikan ide dan pemikirannya melalui forum-forum pencerahan, hal ini menandakan bahwa RBAL mampu menjadi jalan membumikan literasi dan jalan dakwah yang berkemajuan di era yang penuh ketidakpastian ini.

“Semoga Rumah Baca Api Literasi mampu bertahan memasifkan literasi di era seperti ini dengan membangun program-progam yang tidak konvensional. Artinya, RBAL harus adaktif dalam menjalankan roda literasinya supaya misi yang ingin dicapai oleh RBAL tidak terlindas oleh zaman,” tutur penulis buku Pelajaran dalam Perjalanan ini.

Selain itu, semoga RBAL bisa menjadi rujukan dan referensi bagi pegiat literasi untuk memunculkan forum-forum pencerahan intelektual serta mampu menjadi wadah aktualisasi para pemuda maupun mahasiswa.

“Semoga dengan bertumbuhnya umur RBAL juga mampu menumbuhkan para pemuda untuk sadar betapa pentingnya literasi,” pungkas aktivis Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah ini.

Reporter: Fathan Faris Saputro