Rahmad Riyadi: Anggota Terus di Upgrade Kemampuan Literasi di RBAL

Listen to this article

LAMPUNG UTARA lintasjatimnews – Rumah Baca Api Literasi (RBAL) merayakan ulang tahun keempat yang jatuh pada 1 April 2022. Ini merupakan menjadi kebahagiaan kebanyakan orang. Salah satunya yang di alami Rahmad Riyadi.

Rahmad Riyadi pegiat Rumah Baca Api Literasi asal Lampung Utara ini menuturkan, suatu momen kebahagiaan berkat semua pencapaian RBAL selama 4 tahun. Tepat pada 1 April genap lah 4 tahun usia komunitas yang gencar bergerak dalam ranah Literasi, telah banyak kontribusi nyata yang sudah dilakukan oleh RBAL.

“4 tahun bukanlah waktu yang singkat untuk berjalannya sebuah komunitas terlebih lagi dalam dunia literasi yang notabene melawan budaya dan kebiasaan negatif yang tidak sejalan dengan pergerakan komunitas ini, banyak faktor-faktor yang menghambat, namun itu tidak menyurutkan semangat api yang terdapat dalam nama,” ujar Ketua Bidang Kaderisasi PK IMM FKIP Universitas Muhammadiyah Kotabumi ini kepada Lintasjatimnews (31/3/2022).

Ketua Umum Ikatan Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Kotabumi ini menambahkan, bangga dan bahagia dapat ikut andil didalam komunitas ini, dengan segudang mentor hebat dan mendidik ratusan anggota untuk terus mengupgrade kemampuan literasi dalam dirinya.

“Tak lupa pula ucapan terima kasih kepada Mas Faris selaku CEO founder yang dengan dedikasinya membangun komunitas Rumah Baca Api Literasi. Komitmen serta tekat membara semoga tetap terpancar demi terwujudnya pelajar, mahasiswa, pemuda serta masyarakat yang memiliki kemampuan literasi yang baik,” ungkapnya.

Memberikan peran untuk seluas luasnya. Inovasi dan kolaborasi terus ditingkatkan dalam pergerakan komunitas ini, dalam setiap perjuangan pasti ada ribuan bahkan jutaan tantangan, namun di situlah satu proses pembelajaran bahwa kehidupan tidak hanya bertumpu pada angan-angan, namun lebih kepada realitas. Tambahnya.

“Memajukan budaya literasi berarti memajukan komunitas dan memajukan komunitas artinya memajukan diri sendiri untuk siap bertarung di gelanggang sesungguhnya. Mengutip salah satu hadist yang bisa menjadi landasan dan motivasi kita untuk terus berdedikasi dan berkontribusi yaitu yang artinya sebaik baik manusia adalah yang berguna dan bermanfaat untuk manusia lainnya,” pungkasnya.

Reporter: Fathan Faris Saputro