Dengan Kompaknya, Babinsa Karangjati Gotong Royong Bersama Masyarakat Bersihkan Parit

Listen to this article

NGAWI lintasjatimnews – Pada musim penghujan,warga Desa binaannya selalu bermasalah dengan saluran irigasi dan pembuangan air karena banyak rumput dan tersumbat oleh sampah, terkait hal tersebut Babinsa Koramil 0805/05 Karangjati bersama warga melaksanakan kerja bakti bersih-bersih tumpukan sampah dan rumput liar di saluran air di Desa Rejuno, Kecamatan Karangjati, Kabupaten Ngawi, Selasa (29/03/2022).

Selain Babinsa, kegiatan gotong-royong juga diikuti anggota perangkat desa Rejuno dan forkopimcam.

Sementara itu Melalui media, Danramil 0805/05 Karangjati Kapten Inf Priyono mengatakan, dalam melaksanakan pembinaan teritorial, Babinsa harus selalu aktif dalam kegiatan bakti TNI diwilayah serta harus terjun langsung di tengah-tengah masyarakat, guna memberikan manfaat dan solusi bagi masyarakat dalam mengatasi kesulitan-kesulitan rakyat dilingkungan setempat.

“Selain itu, Babinsa harus bisa memberikan contoh dan teladan, serta bisa membawa dampak positif bagi lingkungan wilayah binaannya,”ucap Danramil.

Ditegaskan, sebagai ujung tombak satuan teritorial di lapangan, Babinsa terus berinovasi di wilayah guna membangun tali silaturahmi dan kerjasama yang baik dengan seluruh lapisan masyarakat, untuk dapat mewujudkan kemanunggalan TNI Rakyat guna ketahanan wilayah yang kuat.

“Warga masyarakat di desa ini masih menjunjung tinggi budaya kearifan lokal, salah satunya dengan bergotong-oyong dalam setiap kegiatan, seperti pada kerja bakti dan bersih-bersih saluran pada hari ini yang dilakukan dengan kompak dan antusias walaupun dalam kondisi pandemi seperti ini” tandasnya.

Warga bersama Babinsa terlihat bahu membahu mengangkat sampah yang menghambat arus air, sekaligus pembersihan alang-alang dan rumput liar yang menghambat aliran air.

Sementara itu, Babinsa Serma Hendro menyampaikan tujuan kegiatan ini, agar tidak terjadi sumbatan di saluran air saat terjadi turun hujan, air mengalir dengan lancar dan tidak menggenangi jalan serta akses jalan menuju ke tempat lain bisa dilalui dengan aman. Serta menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.”tutur Babinsa.

Reporter : pudianto