Kafe Kopili : Cocok buat Nongkrong sambil Ngopi

Listen to this article

SIDOARJO lintasjatimnews – Bagi masyarakat Sidoarjo yang masih bingung mencari tempat nongkrong. Dan nyaman untuk ngopi. Tak salah jika mencoba untuk datang ke Kafe Kopili. Yang terletak di Jalan. Malik Ibrahim Sidoarjo Kota ini. Kafe yang berada di pinggir pas Sungai Karang Gayam ini suasananya nyaman buat ngopi. Atau sekedar ngumpul ngumpul menghilangkan stress. Dengan angin yang berhembus sepoi-sepoi karena berdekatan dengan sungai. Membuat pengunjung yang datang ingin berlama-lama. Pengunjung pun bisa memilih tempat ngopi. Bisa area indoor maupun outdoor.

Satriagama Rakantasena,selaku pengelola kafe Kopili, sewaktu ditemui Lintas Jatim News mengatakan,jika soft opening kafe Kopili pada awal tahun ini. Tepatnya pada 20 Januari 2022.

Seta- panggilan akrabnya- mengungkapkan,jika nama Kopili merupakan singkatan dari: kopi pinggir kali(sungai). Yang memang berada di pinggir kali. Pemilihan lokasi yang berada di pinggir kali, bukan tanpa alasan. ” Ya dengan lokasi seperti ini,bisa mengingatkan warga Sidoarjo. Jika Sidoarjo dulu merupakan kota muara (yang banyak sungainya),” ujarnya Minggu (27/02/2022).

Walaupun bernama Kopili. Yang identik dengan kopi. Menu ditempatnya, kata ia, tidak hanya menjual olahan kopi. Namun, banyak olahan minuman lainnya yang disediakan. Seperti: Teh, minuman air tebu yang dicampur sereh dll. Untuk makanan ada: nasi goreng kupang,sotong kupang. Kupang sendiri merupakan makanan terkenal, khas Sidoarjo.

Kafe Kopili sendiri mengusung konsep khas Sidoarjo. Selain makanan minuman yang disajikan Khas Sidoarjo. Ada juga pernak pernik aksesoris meja meja kafe,yang bertuliskan nama nama 18 kecamatan di kabupaten Sidoarjo. Juga ada pajangan foto foto tentang Sidoarjo,foto tentang cita-cita di sekitar dinding kafe. ” Konsep arsitektur kafe mengusung konsep retro,” papar pria berambut panjang ini.

Dia berharap dengan dibukanya kafe Kopili ini, dirinya tidak hanya berfokus dari sisi bisnis jualannya saja. Namun , juga ada sisi idealisme: untuk mengangkat Sidoarjo yang punya sejarah panjang dan penting.

“Bagi anak anak muda,seni budaya, komunitas kreatif atau yang punya pemikiran progresif. Monggo bisa datang untuk berkumpul,” terangnya. Beberapa bulan lalu, lanjutnya,juga ada komunitas fotografi yang datang untuk hunting foto.

Aries, salah satu pengunjung kafe, mengatakan jika tiap ke Sidoarjo dirinya menyempatkan datang ke Kopili untuk ngopi. “Selain kopinya yang enak. Suasananya saya suka mas. Nyaman,” tutur pria dari Surabaya ini.

Reporter : budi