Dikdasmen PDM Lamongan Menghelat O2SM Dengan Pertandingkan Tiga Cabor

Listen to this article

LAMONGAN lintasjatimnews – Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Lamongan kembali menghelat Olimpiade Olahraga Siswa Muhammadiyah (O2SM) Lamongan 2021 mulai tangga 25-27 Januari 2022. Dengan tema ‘Tetap Tangguh, Sehat dan Berprestasi Menghadapi Pandemi’.

Ajang kompetisi tersebut mempertandingkan tiga cabang olahraga (cabor). Yakni atletik, catur, dan pencak silat tapak suci. Lebih dari 500 peserta dari jenjang pendidikan SD/ MI, SMP/ MTs, dan SMA/ MA/ SMK akan menjadi bagian dalam event ini.

Ketua Panitia O2SM Lamongan 2021 Suparno menjelaskan, venue pertandingan tiga cabor akan digelar di tiga lokasi berbeda. Atletik di Stadion Surajaya, catur di Ponpes Al Mizan Muhammadiyah Lamongan, serta pencak silat di Universitas Muhammadiyah Lamongan (UMLA).

Suparno menjelaskan, ‘’Satu hari pertandingan di satu jenjang selesai. Hanya silat yang membutuhkan waktu lebih lama. Ada sesi pagi, siang, dan malam,’’ terangnya.

Beliau berharap, “Adanya peningkatan prestasi sehingga para atlit di kabupaten Lamongan bisa ke jenjang yang lebih tinggi dan bisa berbicara banyak di nasional maupun internasiol,” Harapnya.

Dia menambahkan, semula O2SM Lamongan 2021 berlangsung pada Desember lalu. Namun terpaksa dijadwal ulang karena bersamaan dengan kompetisi olahraga lainnya.

Dikdasmen PD Muhammadiyah Lamongan menggandeng induk organisasi olahraga Pengkab Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Lamongan, Pengcab Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Lamongan, serta Pengkab Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Lamongan. Sebagai dewan juri sekaligus wasit.

‘’Piagam para peserta nanti juga akan ditandatangi oleh induk organisasi olahraga tersebut,’’ ujarnya.

Suparno mengatakan, nomor lomba yang paling banyak dipertandingkan dan diminati oleh peserta adalah cabor atletik. Meliputi lari 100 m, 400 m, 800 m, 1.500 m, 3.000 m, dan 5.000 m; tolak peluru, lompat jauh, dan lempar lembing. (Fathan Faris Saputro)