Rahasia bikin kue bolen pisang yang lembut dan kulitnya berlapis

Listen to this article

SURABAYA lintasjatimnews – Cara membuat bolen pisang gampang gampang susah.untuk menghasilkan tekstur yang lembut dan kulit berlapis kamu perlu memerhatikan beberapa hal khusus.

Salah satunya yakni saat proses membuat kulitnya.proses ini merupakan kunci supaya bolen lembut dan tidak retak saat di panggang. (03-01-2022)

Pemilik usaha bolen pisang,ibu pramesti membagikan cara membuat bolen supaya lembut dan kulitnya berlapis.

Berikut uraiannya.
1.) Pakai mertega yang bagus, pixabay/rodeopix kenali perbedaan antara mertega dan margarin.

Kunci bolen yang lembut yakni pada penggunaan merteganya.oleh karena itu,ibu pramesti menyarankan supaya memakai mertega yang bagus dan berkualitas.

“Kalau mau lembut jangan pakai mertega yang murah,belinya yang bagus kualitasnya.” Ujar ibu pramesti kepada lintas
jatimnews

Menambahkan dari taste of home,ciri mertega yang bagus yakni teksturnya lembut dan berwarna kuning bersih. Disamping bau nya juga enak dan tidak tengik.

2.) Gilas dan lipat berulang.
Perbedaan pembuatan bolen dan kue lainnya yakni pada proses pengolahan adonannya untuk menghasilkan kulit bolen yang berlapis, kamu perlu menggilas dan melipat adonannya secara berulang-ulang, cara ini bisa membuat kulitnya mirip seperti pastry tapi lebih lembut.

“Itu cara gilasnya sama di lipat berulang-ulang,jadi hasilnya berlapis,” ungkap ibu pramesti.

Gilas adonan dengan tebal sekitar dua milimeter lalu lipat. kemudian,putar adonan lalu gilas lagi dengan ketebalan yang sama.

setelah itu lipat adonan kembali dan simpan dilemari es selama 15 menit.

Sebelum di gunakan adonan juga perlu di gilas dan lipat berulang agar hasilnya makin lembut dan berlapis.

3.) Gunakan korsvet.
Cara sederhana membuat bolen berlapis yakni dengan menambahkan korsvet pada adonan kulitnya.bahan tersebut di tambahkan pada sela-sela lipatan saat menggulung adonan.

Menurut penjelasan ibu pramesti,korsvet sendiri adalah bahan yang memang digunakan dalam pembuatan pastry.jadi pengunaannya bisa membuat bolen berlapis.

“Korsvet itu kayak sejenis bahan bikin pastry,terus kalau dikasih itu adonan bisa berlapis sendiri” terang ibu pramesti.(Andi.p)