Hendrosari,Desa Penghasil Legen Alami

Listen to this article

GRESIK (lintasjatimnews) – Di Selatan kabupaten Gresik ternyata ada desa kecil yang menyimpan potensi wisata yang unik. Dan layak menjadi pilihan untuk dikunjungi oleh pecinta traveler. Desa tersebut bernama Hendrosari yang berada di kecamatan Menganti Gresik. Keunikan desa tersebut disebabkan banyaknya pepohonan lontar atau Siwalan yang tumbuh subur disana. Yang jarang dijumpai di desa desa lainnya di wilayah Gresik.

Hal itulah yang menjadi daya tarik desa yang berada di sebelah barat Benowo kota Surabaya ini. 

Banyak warga menjadi petani Siwalan dan menggantungkan hidup dengan berjualan produk hasil pohon Siwalan. Seperti, Legen,Buah Siwalan, maupun tuak. Tampak puluhan warga berdagang di sepanjang jalan desa Hendrosari.

Berasal dari sinilah warga Hendrosari memanfaatkan pohon Siwalan untuk disadap menjadi legen,sebagai obat alternatif penyembuhan gejala sakit kencing batu. Terlebih Gresik terkenal sebagai daerah pegunungan kapur. Yang terkadang sehari-hari airnya digunakan warga sebagai air untuk minum.

Legen Hendrosari terkenal alami dan berkualitas. Salah satunya yaitu legen Syifa yang merupakan brand Rumah Makan Berkah Ilaahi. ” Syifa dalam bahasa Arab berarti obat, ini merupakan minuman alami dari pohon Siwalan desa Hendrosari,” ungkap Anas, pengelola RM Berkah Ilaahi, kepada Lintas Jatim News,Senen( 20/9).

Anas mengungkapkan, Legen Syifa bisa dijadikan obat alternatif bagi orang yang sakit kencing batu. Apa ciri ciri legen Syifa? Ciri ciri legen Syifa antara lain: rasa manis yang alami tanpa tambahan apapun, aromanya khas( tidak sengak), warna putih netral ( tidak keruh). 

Anas menganjurkan,apabila Legen tidak habis atau diminum di lain waktu sebaiknya disimpan di dalam freezer agar legen dapat memenuhi syarat syar’i dan higienis.

“Sebaiknya diminum sebelum fragmentasi ( berubah aroma, warna,dan rasanya manis),” jelasnya. 

Bagi para wisatawan yang datang tentunya tidak lengkap jika tidak membeli oleh-oleh legen untuk dibawa pulang.

Salah satunya adalah Novi pengunjung dari Sepanjang Sidoarjo,yang menyempatkan datang kesana jika liburan tiba. ” Saya kalau kesini selalu beli legen mas, legen disini rasanya enak,” tuturnya. (Budi)