Lebih Aman, Pasien Covid bisa Isolasi Mandiri di Shelter Shelter yang Tersedia

Listen to this article

SIDOARJO (lintasjatimnews.com) – Mengantisipasi melonjaknya pasien Covid 19 di kabupaten Sidoarjo. Pemerintah kabupaten Sidoarjo menyiapkan sembilan Shelter untuk isolasi mandiri pasien Covid 19. Yang tersebar di beberapa wilayah. Shelter Shelter tersebut yaitu: Hotel Delta Mayang, Puskesmas Sedati,Mal Pelayanan Publik di Lingkar Timur, Puskesmas Porong, SMPN 2 Taman, SMPN 2 Sidoarjo di Raya Ponti, Rusunawa Tambak Kemerakan Krian,Tambak Sawah,dan Kureksari Waru. Kesembilan shelter tersebut menampung isolasi untuk pasien Covid 19 dengan gejala ringan atau OTG ( orang tanpa gejala).

Kepala Puskesmas Sedati,Fauzi Basalamah mengatakan, untuk pasien dengan gejala ringan atau OTG bisa datang ke Puskesmas Sedati untuk isolasi mandiri,jika isolasi di rumah kondisinya tidak memungkinkan.

” Cukup bawa bukti swab antigen positif Covid 19, dan KTP warga Sidoarjo atau surat keterangan domisili tinggal di Sidoarjo dari RT/RW,” ujarnya (30/7/2021)

Di tempatnya ( Puskesmas Sedati,Red), lanjut ia, bisa menerima pasien isolasi untuk seluruh wilayah Sidoarjo. Pasien yang datang dengan kondisi positif, awalnya akan skrining terlebih dahulu di poli ISPA oleh dokter puskesmas apakah masuk gejala ringan, sedang, atau berat. Jika masuk gejala sedang dan berat tentunya akan dirujuk ke Rumah Sakit rujukan Covid 19 yang ada di Sidoarjo. 

Untuk gejala kategori sedang ini,bisa dilihat dari saturasi oksigen nya,dan juga kondisi yang timbul dari pasien, batuk, demam,sesak, memerlukan infus, pilek.

” Jadi tergantung dokter yang melakukan pemeriksaan,” terangnya

Fauzi, panggilan akrabnya, menghimbau agar masyarakat Sidoarjo yang positif Covid 19 memanfaatkan Shelter Shelter isolasi yang ada di Sidoarjo,agar kondisinya lebih terpantau. ” Saat ini yang isolasi mandiri di Puskesmas Sedati ada sekitar 15 orang. Ada yang keluar dan masuk,” jelasnya.

Adapun fasilitas shelter di Puskesmas Sedati cukup memadai yaitu, tempat tidur, permakanan, obat obatan, vitamin, tabung oksigen,juga dokter yang siaga 24 jam. Dengan fasilitas yang memadai tersebut, diharapkan pasien Covid 19 bisa segera pulih. 

Untuk pasien isolasi mandiri biasanya butuh waktu 10-14 hari untuk proses penyembuhan,tapi juga tergantung situasi dan kondisi pasien,bila tidak ada keluhan lagi. Bisa langsung pulang (Budi)