Menikmati Kuliner Khas Desa Hendrosari

Listen to this article

GRESIK (lintasjatimnews.com) – Bagi para pengunjung Eduwisata Lontar Sewu yang terletak di Desa Hendrosari,Menganti Gresik ini, belum lengkap rasanya bila tidak mencoba menikmati kuliner khas desa tersebut. Yang terkenal dengan minuman tradisional legen dari pohon Lontar.

Salah satu tempat hidangan yang coba Lintas Jatim News datangi yaitu di Rumah Makan(RM) Berkah Ilaahi. Yang terletak tidak jauh dari Eduwisata Lontar Sewu.Tempatnya yang luas dan tenang membuat nyaman pengunjung yang datang. Rumah Makan yang berdiri sejak 2006 ini dikenal menyajikan makanan dan minuman khas desa Hendrosari. Seperti,Ayam panggang, aneka olahan Belut, Bandeng tanpa duri,Es dawet Siwalan,juga ada Legen Syifa. 

Menurut Abah Hardi Sunaryo,sang pemilik, tempatnya merupakan pelopor legen asli dari desa Hendrosari. Yang sudah eksis sebelum Eduwisata Lontar Sewu berdiri tahun 2019. Seperti diketahui desa ini pada 2013, ditetapkan sebagai desa wisata kuliner Hendrosari

“Untuk Legen Syifa ini dapat digunakan sebagai obat alternatif bagi orang yang sakit kencing batu,” jelasnya kepada LintasJatimNews (02/07/2021)

Untuk dawet Siwalan, lanjut ia, khusus di tempatnya menggunakan gula legen bukan gula aren.

Rumah Makan yang sudah menerapkan manajemen restoran ini sudah buka mulai pukul 07.00. Mayoritas pengunjung berasal dari Surabaya, Gresik,dan Sidoarjo.

“Tiap tahun kita mengadakan penelitian dengan Tim dari ITS,Unesa,dan Unair terkait manfaat hasil pohon Lontar, salah satu nya adalah Sari Legen yang dijadikan nata de legen.

Tak lupa dalam masa pandemik seperti sekarang,di Rumah Makan nya selalu menerapkan protokol kesehatan 5M, bagi seluruh karyawan maupun pengunjung.(Budi)