IKM Binaan Pemkab Sidoarjo, Sukses Ekspor Ke Turki

Listen to this article

SIDOARJO (lintasjatimnews.com) – Tak salah jika Sidoarjo, punya sebutan kota IKM di Indonesia. Sebab,dari sekian banyak nya IKM yang ada di kabupaten Sidoarjo ini, tidak sedikit yang sukses mengirim produknya hingga ke luar negeri ( ekspor). Salah satunya adalah CV. Bolu Ketan Mendut yang merupakan IKM Binaan pemerintah kabupaten Sidoarjo dan Badan Standarisasi Nasional (BSN).

Yang pada hari Kamis,(10/6/2021). Melakukan ekspor perdana produk makanan Brownies Ketan Cruncy ke Negara Turki.

Dalam acara pelepasan ekspor tersebut, juga diadakan dialog via zoom yang diikuti oleh Imam As,ari Kepala Konsulat Jenderal Republik Indonesia ( KJRI) di Istambul Turki, Kadisperindag Sidoarjo Tjarda, Kepala kantor layanan teknis BSN Jawa Timur Yuniar Wahyudi, Pemilik CV. Bolu Ketan Mendut Jalian Setiarsa, Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor dan jajaran stakeholder lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Sidoarjo yang akrab dipanggil Gus Muhdlor ini merasa senang dan mendukung kemajuan semua IKM yang ada di Sidoarjo. Agar bisa sukses melakukan ekspor ke luar negeri, seperti yang dilakukan CV. Bolu Ketan Mendut saat ini.

“Semoga kesuksesan IKM CV. Bolu Ketan Mendut ini bisa diaplikasikan ke teman teman IKM lainnya,” ungkapnya.

Yang penting, lanjut ia, paradigma IKM di Sidoarjo harus dirubah. Tidak hanya jadi tuan rumah di daerahnya sendiri. Namun, juga bisa eksis di luar daerah. Atau lebih hebat lagi bisa tembus ekspor ke luar negeri

“Sidoarjo merupakan satu satunya kabupaten yang merupakan kawasan industri halal. Untuk itu Pemkab melalui Disperindag siap mendukung penuh IKM IKM yang ada di Sidoarjo,” terangnya

Terpisah, Julian Setiarsa mengatakan jika produk nya mendapat sambutan yang bagus oleh konsumen di Turki.

“Rasanya juga cocok dengan masyarakat Turki. Selera masyarakat kita sama dengan masyarakat Turki,” ujarnya (Budi)