Ditjen Vokasi Tunjuk SMK MUHAMMADIYAH 1 SURABAYA sebagai SMK PUSAT KEUNGGULAN

Listen to this article

SURABAYA (lintasjatimnews.com) – Untuk Meraih Sekolah SMK Pusat Keunggulan butuh proses dengan perjalanan yang panjang dan melelahkan penuh tantangan, itu lah yang dilakukan oleh SMK Muhammadiyah 1 Surabaya, Berkat pertolongan dan kemudahan dari Allah SMK Muhammadiyah 1 Surabaya meraih Sekolah SMK Pusat Keunggulan ( Center of excellence ) berdasarkan surat SK dirjen Vokasi No. 22/D/O/2021 tentang Penetapan Sekolah Menengah Kejuruan Pelaksana Program SMK Pusat Keunggulan tahun 2021 (20/4/2021). SMK Pusat Keunggulan merupakan terobosan komprehensif yang ditujukan untuk menjawab tantangan dalam rangka pembenahan kondisi SMK saat ini, agar semakin sejalan dengan kebutuhan dunia kerja.

“Melalui SMK Pusat Keunggulan Harapannya SMK Muhammadiyah 1 Surabaya mampu Memgembangkan Sekolah dengan mengedepankan keunggulan dibidang Ekonomi Kreatif yang bertujuan untuk mencetak lulusan yang siap kerja dan siap berwirausaha yang penuh kreatif dan inovatif. untuk memajukan perekonomian bagi dirinya dan masyarakatnya.” tutur Renny Fiqriyah, S.Kom Kepala SMK Muhammadiyah 1 Surabaya.

“Sebagai sekolah SMK Pusat Keunggulan, SMK Muhammadiyah 1 Surabaya diharapkan dapat menjadi rujukan serta melakukan pengimbasan untuk mendorong peningkatan kualitas dan kinerja SMK di sekitarnya. oleh sebab itu SMK Muhammadiyah 1 Surabaya di tahap awal ini adalah dengan menerapkan link and match dengan IDUKA ( industri dan Dunia Kerja ) , penguatan SDM, penguatan sarana dan prasarana”. imbuhnya

“Dengan SMK Pusat Keunggulan ini menjadi daya dorong SMK Muhammadiyah 1 Surabaya untuk menciptakan lulusan yang unggul dan kompeten karena kurikulum disusun bersama sejalan dengan penguatan aspek softskills, hardskills dan karakter kebekerjaan sesuai kebutuhan dunia kerja serta pembelajaran diupayakan berbasis proyek riil dari dunia kerja untuk memastikan hardskills, softskills dan karakter yang kuat.” ujar Irvandy Andriansyah, S.T, M.T Selaku wakil bidang Kurikulum SMK Muhammadiyah 1 Surabaya.

Mendapatkan Amanah Program SMK Pusat Unggulan, SMK Muhammadiyah 1 Surabaya mulai berbenah terutama sektor fasilitas sekolah seperti Ruang Praktek siswa beserta kelengkapanya, merehab kelas kelas dan ruang layanan , kemudian Sektor Sumber daya Manusia dari Pengajar dan Instruktur harus lebih menguasai teknologi dan inovasi pembelajaran terutama yang terintegrasi pembelajaran IDUKA serta peningkatan jalinan kerjasama dengan IDUKA secara masif. sekolah berharap upaya untuk menjalankan program SMK Pusat Keunggulan ini Mendapatkan dukungan penuh dari warga Sekolah, Stakeholder dan masyarakat sekitar.” Ungkap Irvandy Andriansyah kepada lintasjatimnews.com. (Anil)