Pasien Covid-19 Dan Tenaga Medis Sholat Ied di RS Lapangan Indrapura Surabaya

Listen to this article

SURABAYA (lintasjatimnews.com) – Puluhan pasien covid-19 bergabung dengan tenaga medis tadi pagi melaksanakan sholat Ied Hari Raya Idul Fitri 1442 H di Rumah Sakit Lapangan (RSL) Kogabwilhan II Jl Indrapura, Surabaya, Jawa Timur. Kamis (13/5/21).

Penanggung jawab RSL Kogabwilhan II, Laksamana Pertama TNI dr I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara mengatakan, tujuan digelarnya Sholat Ied di RS Lapangan ini sebagai upaya dukungan moril dan untuk mewadahi kebutuhan pasien, karena sebagian besar pasien beragama Islam.

“Dengan demikian maka aspek mental psikososialnya bisa kita dapatkan. Sehingga semuanya bisa lebih enjoy, kita tidak menyelesaikan medisnya saja tapi masalah non medisnya juga kita dapatkan,” katanya.

Dia berharap, pelaksanaan Sholat ied ini bisa mengobati kerinduan para Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang memang tujuan utama pulang ke Indonesia adalah untuk merayakan lebaran.

Hingga saat ini RSDL merawat sekitar 66 orang pasien dan 30 orang diantaranya merupakan Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Pantauan di lapangan, Sholat Ied di RS Lapangan Indrapura berlangsung lancar dan khidmat. Pelaksanaan sholat dibagi menjadi dua zona. Tenaga medis berasa di zona Hijau (depan tenda A/ gerbang pemulangan) dan tersambung dengan zona Merah tepat pasien dirawat.

Usai Sholat, beberapa di antara pasien nampak sedih meneteskan air mata saat berdoa bersama. Satu pasien terpaksa Sholat dengan mengenakan alat bantu pernafasan. (Ishak)