Polrestabes Surabaya Tingkatkan Penjagaan Menjelang Lebaran 2021

Listen to this article

SURABAYA (lintasjatimnews.com) – Menjelang malam hari Raya Idul Fitri 1442 H, Polrestabes Surabaya mengikatkan pengamanan dan penjagaan, guna mengantisipasi adanya tradisi takbir keliling di beberapa titik di Surabaya. (12/05/2021)

Kasubbag Humas Polrestabes Surabaya, AKP M. Fakih mengatakan, bahwa Pemerintah Kota Surabaya maupun Pemerintah Provinsi Jawa Timur dari tingkat satu hingga tingkat pusat, menganjurkan agar kegiatan takbir keliling tidak dilaksanakan. Tujuannya agar tidak terjadi kerumunan massa.

“Tindakan preventif akan dilakukan kalau ada yang melanggar,” ujarya.

Bagi masyarakat yang tetap melakukan takbir keliling dengan mengendarai mobil atau membawa alat, akan diarahkan untuk kembali ke tempat asalnya.

Usaha ini didukung dengan adanya penyekatan di titik-titik tertentu oleh Sat Sabhara dan Lalu Lintas.

“Karena tidak mudik, tempat yang biasa dituju oleh penduduk adalah Mall,” ujar M.Faqih

Menurutnya, pusat perbelanjaan seperti mall diduga akan mengalami pelonjakan jumlah pengunjung menjelang malam Idul Fitri. Maka perlu adanya antisipasi, mengingat Covid-19 masih menjadi perhatian penuh.

“Sudah bekerjasama dengan pihak pengelola mall untuk melakukan pembatasan jumlah pengunjung,” ujar AKP M. Fakih.

Selain itu, akan dibentuk satuan petugas covid, yang akan dilakukan secara mandiri oleh pengurus di masing – masing mall. Pengunjung mall diupayakan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. (Najib).