Tim Medis DMC DD Sisir Para Korban Siklon Seroja Dari Rumah Ke Rumah -
Tim Medis DMC DD Sisir Para Korban Siklon Seroja Dari Rumah Ke Rumah

Tim Medis DMC DD Sisir Para Korban Siklon Seroja Dari Rumah Ke Rumah

FLORES TIMUR – (lintasjatimnews.com) – Intensitas layanan kesehatan tidak hanya terpaku di Desa Waiwerang, namun juga mensasar wilayah-wilayah yang belum terjamah dengan tenaga medis. Hingga saat ini (Jumat, 09/04/2021) sejumlah tenaga relawan dari Layanan Kesehatan Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa (DD) melakukan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan dengan mengunjungi dari rumah ke rumah.

“Layanan kesehatan bersama Tim Bantuan Medis Calcaneus, Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin di kampung baru Desa Sausina Adonara Timur Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) di dapatkan data pasien 6 orang, 1 balita dan 5 dewasa,” ujar dr. Zainab Aqila, selaku Penanggung Jawab Layanan Kesehatan DMC DD.

Sementara akibat badai siklon tropis  Seroja  yang menyerang wilayah Kota Kupang dan sejumlah wilayah di NTT  menimbulkan banyak kerugian, bersumber dari data sumber (pusdalop bnpb dan Kodam Ix udaya, pada 7 Maret 2021) tercatat korban meninggal dunia sebanyak 138 jiwa, hilang sejumlah 61 jiwa, luka-luka terdapat 129 jiwa dan warga yang terdampak sebanyak 1700 Kepala Keluarga (KK)/ 4.829  jiwa.

“Pada Rabu kemarin, 7 maret 2021 Dompet Dhuafa NTT membuka Pos medis di salah satu titik trdampak yakni wilayah pesisir pantai  Kelurahan Namosain, tetapnya di RT 13 Rw 004 dan RT 17 RW 006. Lokasi ini juga merupakan Binaan Program Kawasan Cekal Corona (KCC) pelayanan berlangsung pukul 16.00 – 19.30 Wita. dengan penerima manfaat sebanyak 71 Jiwa. Diagnosa penyakit terbanyak Ispa, gatal-gatal dan hipotensi,” ujar Ummi K. Muhammad selaku Kepala Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC) NTT.

Saleha, selaku warga Namosain, mengatakan, “Banyak terima kasih dengan adanya layanan ini masyarakat bisa mendapatkan obat dan vitamin”.

“Pada hari ini (Jumat, 09/04/2021) kami merespon dampak bencana di Kambaniru dan Kiritana, Waingapu, Sumba Timur dengan mendistribusikan 230 Hygine Kit kepada sejumlah warga yang terdampak. Tidak hanya itu kami membuka layanan kesehatan secara mobile dengan mendatangi warga yang terdampak di Kambinaru Waingapu Sumba Timur. Pada dihari yang sama dengan lokasi yang berbeda juga dilakukan layanan kesehatan di Rt 36 rw 12 Kelurahan Oesao Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang dengan penerima manfaat 104, yakni 5 anak dan 99 dewasa. serta pembagian 75 masker,” pungkas Ummi K. Muhammad.

Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam Pelayanan, Pembelaan dan Pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 27 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR. (Fatzry)

Spread the love