Wali Kota Surabaya Hadiri Haul Sunan Ampel

Listen to this article

SURABAYA (lintasjatimnews.com) – Pada malam sebelumnya pihak keamanan Polsek Semampir dan Polres Tanjung perak serta instansi samping sudah memantau keamanan menjelang Haul Sunan Ampel yang ke 554 di lokasi Masjid Sunan Ampel.

Siangnya pada hari Sabtu (03/03/2021) Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi ikut menghadiri acara pengajian peringatan Haul Sunan Ampel. Kedatangan Wali Kota Surabaya disambut oleh para Ulama dan undangan yang hadir  pada jam 15.30 Wib.

Dalam acara Houl ini, ratusan undangan memadati lokasi makam Sunan Ampel walaupun tidak seramai tahun sebelumnya karena adanya pelaturan mengenai wabah pandemi covid-19.

Seperti tahun sebelumnya Haul Sunan Ampel ini diisi dengan acara membaca surat Yasin, Tahlil, dan Do’a yang dipimpin oleh para Alim Ulama. Usai acara pembacaan Do’a, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi memohon Do”a kepada Allah.SWT  melalui para Ulama dan  para undangan supaya Surabaya menjadi kota yang tenang, damai, dan penuh dengan gotong royong.

”Insya Allah Covid-19 segera berakhir. Haul Sunan Ampel berikutnya bisa dilakukan dalam kondisi normal,” ujar Eri.

Dalam acara Haul Sunan Ampel ini, Beliau  mengaku tiap tahun selalu hadir di acara haul, tetapi tahun lalu sempat tidak hadir.

Eri mengatakan bahwa  dirinya belajar dari Sunan Ampel untuk terus membahagiakan masyarakat.

”Sunan Ampel yang sudah meninggal bisa tetap menggerakkan roda perekonomian,” ujarnya.

Turut hadir pada acara Haul Sunan Ampel ini Camat Semampir Hindun Robbah dan instansi samping lainya.

Hindun mengatakan dalam acara Haul ini dilaksanakan tiap tahun. Biasanya, acara haul menampung ribuan orang. Namun, pada masa pandemi, hanya ada 150 orang yang bisa hadir.

”Biasanya sampai ribuan. Nggak hanya di area makam, tapi juga di halaman luar. Sekarang cuma 150, itu pun undangan,” ujarnya. (Najib).