Karya Bhakti Resimen Mahasiswa 804 UNESA-Bentuk Kepedulian Terhadap Masyarakat Lamongan di Era Pandemi Covid-19

Listen to this article

LAMONGAN (lintasjatimnews.com) – Satuan Resimen Mahasiswa 804 Unesa mengadakan kegiatan Pengabdian masyarakat yang biasa disebut “Karya Bakti”. Tetap aktif dan peduli di masa pandemi. Kamis (25/03/2021).

Karya Bakti 2021 ini diadakan di Desa Jegreg, Kec. Modo, Kab. Lamongan oleh 30 Satuan Tugas dari anggota Satmenwa 804.

Kegiatan ini berlangsung sejak tanggal 18 Maret  – 21 Maret 2021. Diawali dengan pembukaan, giat pendidikan pengajaran di TPQ yang dilakukan secara rutin setiap malamnya, pendidikan pengajaran di SDN 2 Jegereg, SDN 3 Jegreg, dan SMP ihyaul ulum pada hari jumat – Sabtu. Selain kegiatan pendidikan dan pengajaran, beragam kegiatan juga dilaksanakan seperti, sosialisasi dan pembinaan Karang Taruna dengan tema Kewirausahaan yang dibawakan oleh Mas Galeh Majesty Erawan selaku pemateri dan dihadiri oleh pemuda karang taruna desa Jegreg. 

Adapun pelatihan menjahit masker yang diikuti oleh seluruh organik 804 yang mana dibimbing langsung oleh pengrajin masker desa jegreg, Ibu Hanis Widayani. Selanjutnya ada pula pelatihan pembuatan masker kreatif yang diikuti oleh adik-adik di sekolah SDN 3 dengan membuat masker motif tie dye sebagai hasil prakarya anak desa jegreg untuk meningkatkan daya kreatifitas di masa pandemi. Tidak hanya itu, kegiatan senam juga diadakan di balai desa yang diikuti oleh beberapa ibu-ibu desa Jegreg guna meningkatkan kebugaran tubuh dan menyadarkan pentingnya menjaga kesehatan jasmani di masa pandemi. 

Kegiatan yang paling utama dalam Karya Bakti ini adalah Pengabdian masyarakat dengan mengusung tema “Jika Aku Menjadi” yang dilaksanakan pada hari sabtu pagi sampai dengan siang. kegiatan ini mengerahkan seluruh anggota satmenwa 804 untuk terjun langsung ke masyarakat guna membantu meringankan pekerjaan mereka sebagai petani. 

Tidak hanya itu, angoota satmenwa 804 juga memberikan healing di masa pandemi dan semangat dalam giat outbound dan fun game yang diikuti oleh anak” di desa jegreg. Hari terakhir kegiatan ini ditutup dengan pengajian bersama warga dan kerja bakti bersih desa, pembagian tempat cuci tangan di 10 titik desa, serta pemasangan palang jalan diberbagai titik desa. 

Meskipun kegiatan ini dapat berjalan lancar di masa pandemi, pihak pimpinan Satmenwa 804 Dr.Theodorus Wiyanto Wibowo M.Pd beserta Komandan Satuan Resimen Mahasiswa 804, Anton Suwito tetap memantau dan menghimbau anggota 804 untuk memenuhi protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker, menyediakan tempat cuci tangan, dan penggunaan handsanitizer. Hal ini juga selalu diingatkan oleh komandan satuan tugas, Doni Setiawan selaku pemegang kendali saat dilapangan untuk dapat memastikan anggotanya tetap mematuhi Protokol Kesehatan.(Anil)