Gerak Cepat Kepolisian Mengamankan Kericuhan Di Kongres HMI Di Surabaya

Listen to this article

SURABAYA (lintasjatimnews.com) – Pihak kepolisian mengambil tindakkan cepat dan terarah atas kericuhan yang terjadi di acara kongres HMI yang ke XXXI di surabaya terjadi sedikit kericuan yang menimbulkan aksi peserta pecahkan Kaca Gedung,  Berdasarkna informasi yang di kumpulkan dari berbagai media media Mainstream seperti hal nya media Halo Dunia, Baca Saja, Target News dan juga portal Portal Kepolisian Resmi memberitakan adanya tindakan tindakan yang tidak bisa di pertanggung jawabkan sehingga berimbas pada kelangsungan acara Kongres HMI Di Surabaya. Kamis (25/03/21)

Menyikapi dan menyimpulkan hal tersebut, polisi Surabaya yang sejak awal sudah melakukan koordinasi terkait acara kongres HMI tersebut lansung bertindak cepat terarah, dan mengamankan beberapa pelaku aksi kerusuhan di acara kongres HMI, dalam beberapa rekaman video juga memperlihatkan tindakan sejumlah kader yang mengamuk dan melempar kursi  hingga memecahkan sejumlah kaca yang ada di ruangan kongres teresebut.

Masalah kericuhan yang terjadi di hari Kongres HMI di Surabaya berlansung dipicu dan di provokasi oleh desakan sejumlah kader agar seluruh Ketua Badan Koordinasi HMI di daerah segera hadir pada kongres, akan tetapi usulan tersebut ditolak oleh mayoritas pemilik suara yang sah.

Selanjutnya hingga puncaknya adanya mis komunikasi tersebut akhirnya mengakibatkan sejumlah kader mengamuk dan mengakibatkan gesekan fisik tidak bisa dihindari sehingga terjadi tindakan atau aksi membanting kursi dan juga memecahkan pintu kaca. Melihat kondisi tersebut sejumlah petugas kepolisian yang sudah sejak awal berjaga di acara kongres tersebut lansung masuk dan melerai kedua belah pihak yang bertikai, dan akhirnya polisi juga berhasil mengamankan beberapa peserta untuk dimintai keterangan.

Pimpinan tertinggi POLRI di Jawa Timur, Kapolda Jatim Irjen Pon Nico Afinta menuturkan ” Ada miskomunikasi diantara mereka sehingga ada yang membanting kursi, dan ini merupakan atas permintaan panitia acara Kongres HMI di Surabaya, Kami mengamankan 6 Orang dan sekarang dalam pemeriksaan.

Selang beberapa waktu usai kericuhan ini terjadi akhirnya acara kongres HMI di Surabaya dilanjutkan hingga dini hari 24 Maret 2021, dan agenda sidang pun berhasil dilaksanakan pada acara kongres HMI di Surabaya kali ini. (Ishak88)