HAUL AKBAR Majelis Dzikir Maulidurrosul SAW dan Khotmil Qur’an di PonPes Assalafi Al Fithrah secara Virtual (live streaming)

Listen to this article

SURABAYA (lintasjatimnews.com) – Moment peringatan Haul Akbar masih terus diperingati oleh berbagai institusi baik pemerintahan maupun lembaga sebagai bukti kecintaan kepada Rasulullah. Seperti yang dilakukan oleh Pondok Pesantren (Ponpes) Assalafi AL FITHRAH, Jalan Kedinding lor no 99, Kecamatan Kenjeran, kota Surabaya, bareng-bareng menikmati kerinduan tanpa bertemu di PonPes Al Fithrah setempat, Sabtu (20/03/2021) dan Minggu (21/03/2021).

Kegiatan peringatan Haul Akbar yang dilakukan secara virtual (live streaming) tersebut dipusatkan di dalam masjid PonPes Al Fithrah dan diikuti oleh seluruh santri kurang lebih 150 personil dari tempat masing-masing. 

Live stremming ini tampil di website Al Wafa TV Al Fithrah, di Youtube dan Instagram.

Konsep acara Haul Akbar terdiri dari Khotmil Qur’an, istiqosah, Yasin, Tahlil, Manaqib, maulid dan Do’a.

Nampak hadir dalam agenda ini,  Kadinsos (Yang mewakili walikota) Kapolsek Kenjeran, DisHub, Danramil, Tim Satgas Covid -19 Bapak Sunarto dan puluhan murid pondok pesantren sekitar pondok dengan protokol kesehatan Covid-19.

Bapak KH. Dr. Musyafa M.Si selaku Pimpinan Ponpes Assalafi Al Fithrah menyampaikan bahwa agenda peringatan Haul akbar dilingkup Pondok Pesantren tahun ini sengaja dilakukan virtual karena kondisi pandemi yang belum usai.

“KH Dr. Musyafa sengaja menggelar acara Haul Akbar dilingkungan pondok pesantren secara virtual, karena memang kondisi pandemi masih belum pulih,” terangnya.

Pihaknya berharap kegiatan ini bisa memberikan manfaat bagi murid-murid dan santri dilingkungan ponpes Assalafi Al Fithrah. Dirinya juga berharap pandemi segera pulih seperti sedia kala sehingga aktivitas apapun lebih mudah dilakukan.

Kepala PJ keamanan, Bapak Muhadi PonPes berharap kegiatan ini diharapkan bisa memberikan nilai positif terhadap keimanan kita.

“Ini adalah salah satu kegiatan religi Pondok pesantren, meski ditengah pandemi masih bisa dilakukan harapnya kita bisa melakukan apa yang telah dirintis oleh Kanjeng Romo KH. Ahmad Asrori EL Ishaqi, salah satunya kegiatan Haul Akbar namun tetep mengedepankan protokol kesehatan,” terangnya.

Kegiatan acara Haul akbar ini juga mendapat apresiasi dari kalangan instansi, kodim, Polres, Pemkot dan jajaran Pemerintahan, karena pelaksanaannya mengedepankan protokol kesehatan yang sangat ketat, Disamping melaksanakan kewajiban houl akbar dengan baik, diharapkan juga bisa menjadi percontohan kegiatan-kegiatan dalam situasi pandemi ini. (Anil/Choliq).