MPM Surabaya Bidik anak Muda Untuk dilatih jadi Teknisi AC

Listen to this article

SURABAYA (lintasjatimnews.com) – Dalam upaya peningkatan SDM generasi yang mandiri, khususnya pada pekerjaan-pekerjaan teknikal yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Oleh karena itu perlu disiapkan SDM yang handal, terdidik, terampil dan terlatih menjadi kebutuhan dalam dunia kerja. khususnya pada pekerjaan-pekerjaan teknikal yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga Teknisi AC (Air Conditioner) yang kapabel, Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Surabaya, menyelenggarakan Pelatihan Service AC. Bertempat di Aula Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jl. Wuni 9 Surabaya, Sabtu, (6 Maret 2021).

Pelatihan yang berlangsung selama satu setengah bulan tersebut akan membekali peserta lebih banyak praktik, disamping teori dengan dibimbing oleh tenaga ahli berpengalaman dan tersertifikasi. 

Sambutan Ketua panitia, Iqbal Sanni mengatakan, Peserta yang hadir ini merupakan orang-orang pilihan yang lolos seleksi, meski dengan berbagai latar belakang yang berbeda. Usia peserta mulai 17 – 52 tahun. Pendidikan mulai SMP-S1. Domisili peserta dari surabaya, sidoarjo, mojokerto.

“Pelatihan ini diselenggarakan untuk membekali kemampuan peserta baik teori maupun praktik, yakni teknik service AC yang amanat, handal dan profesional, Pelatihan akan berlangsung setiap hari Sabtu-Ahad, dimulai pada tanggal 6 Maret hingga 11 April 2021. Pelatihan ini diikuti oleh 22 peserta yang secara selektif direkrut, baik dari aktivis Muhammadiyah maupun non-Muhammadiyah serta ”. Kata Iqbal sanni.

Sambutan juga disampaikan oleh Ketua PDM Kota Surabaya, mengatakan,” Muhammadiyah itu banyak kegiatan kegiatan yang filantropi, salah satunya melalui pemberdayaan masyarakat dg cara kegiatan ini,”. Ujar Mahsun Jayadi,

Sementara itu, Ketua MPM Drs. H. Syamsun Aly, M.A menjelaskan, pelatihan ini adalah salah satu program spesial di antara sejumlah program unggulan MPM Kota Surabaya.

“Selain ikhtiar untuk membekali para aktivis muda Muhammadiyah dengan skill handal, khususnya di bidang service AC, Semoga kegiatan ini bisa menjadi cikal bakal terbentuknya AUM (Amal Usaha Muhammadiyah) baru di bidang service AC. Pelatihan ini diharapkan mampu mewujudkan tim profesional yang diperlukan banyak Amal Usaha Muhammadiyah, baik sekolah, masjid, atau masyarakat pengguna fasilitas AC.” katanya.

“Kita butuh tenaga servic AC yang tidak hanya handal dan kompeten, tetapi juga memiliki kepribadian yang soleh, jujur, dan amanat. Trust para teknisi ini selain menjaga nama baik Persyarikatan Muhammadiyah dan CV Hartoyo Mandiri, perusahaan yang memberikan pelatihan, juga berdampak positif bagi teknisi layanan jasa service AC tersebut. Banyaknya tenaga kerja potensial di tengah minimnya lapangan kerja, maka pelatihan ini menjadi peluang untuk membuka lapangan kerja yang memiliki kepribadian Islam dan skill service handal dan manajemen usaha yang kompeten” tambah Syamsun Aly. (Anil)