Pemerintah Melalui Kemensos Kembali Salurkan (BST) Tahap 8 Melalui Kantor Pos

Listen to this article

SURABAYA (lintasjatimnews.com) – Dalam upaya mengurangi dampak pandemi yang belum berakhir, Pemerintah melalui Kementerian Sosial kembali menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap 8 melalui PT Pos Indonesia (Persero) pada bulan November ini.

Secara nasional Pos Indonesia mendistribusikan BST kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Uang bantuan yang diberikan  sebesar Rp 300.000 per KPM. Saat ditemui di Kantor pos kebon rojo di Jalan kebon rojo 10 Surabaya pada Kamis (12/11/2020), 

Dino selaku kepala kantor pos Kebon rojo menyampaikan bahwa penyaluran BST untuk Tahap 8  di Surabaya terdapat alokasi sekitar 225.000 KPM

Dino mengatakan “Sebenarnya bukan hal baru buat kita tapi di BST ini kan sudah tahap 8, tapi ditahap 7 dan 8 ada tambahan kurang lebih sekitar 56.000 KPM (keluarga penerima manfaat) lagi sehingga dari yang biasanya kita ada sekitar 170 an ini sekarang kita bayarkan kurang lebih alokasi nya di Surabaya sekitar 225.000 orang/KPM. Dari 225.000 KPM itu kita bayarkan kurang lebih 7 sampai 8 hari.

Sampai tahap 5 kemarin, kita realisasi nya 99,3 persen, hampir 100 persen hanya ada tinggal sekitar 600 orang yang belum dibayarkan. Ditahap 6, 7 dan 8 ini itu masih terdapat sisa kurang lebih sekitar 4000 an, usaha-usaha yang kita lakukan saat ini adalah terus melakukan intenvikasi komunikasi dengan pihak kelurahan, dengan pihak camat, pihak ketua RT dan berbagai macam pihak, agar bisa menginformasikan kepada para penerima KPM yang belum mengambil untuk bisa datang ke kantor pos.

Salah satu caranya kita mencetak daftar nama yang belum mengambil, kemudian kita informasikan ke berbagai macam kalau misalkan ke TKSK, kita informasi ke TKSK, kalau ke pak RT kita informasikan ke pak RT, ke lurah kita sampaikan, sehingga berbagai macam cara kita lakukan dengan harapan daya serapnya itu tetap bisa mencapai 99 persen lebih. 

Bagi warga yang belum memperoleh surat undangan dengan berbagai macam sebab maka kita siapkan fasilitasi untuk mencetak undangan. Contohnya bilik yang di sebelah sana itu adalah bagi warga karena satu dan lain hal, mereka tidak memiliki surat undangan,tapi mereka berhak untuk mendapatkan BST ini maka kita siapkan fasilitas untuk mencetak undangan duplikat. Caranya hanya dengan membawa KTP atau surat keterangan dari RT bahwa yang bersangkutan itu memang dapat. 

Untuk target BST tahap 8 ini kita melakukan pembayaran mulai Jum’at pekan lalu dan kita selesaikan jadwal utamanya hari ini, Jadi sampai dengan kemarin kita sudah mencapai angka 91 persen. Diharapkan hari ini kita diharapkan angka 96 sampai 97 persen, Sisanya 3 persen itu biasanya kita siapkan untuk sampai dengan akhir bulan November. Terus kita melakukan upaya-upaya agar masyarakat yang belum memperoleh undangan itu tetap bisa datang ke kantor pos di Kebon Rojo ini. 

Meski waktu yang tersisa relatif singkat namun Dino memastikan proses pendistribusian BST tetap harus mematuhi protokol kesehatan. Baik penerima BST maupun petugas lapangan prinsipnya harus menjalankan  protokol kesehatan dengan menjaga jarak, mencuci tangan, dan memakai masker.

Harapan saya buat Masyarakat yang belum mengambil, buat yang mengambil kita ucapkan terima kasih sudah mematuhi Protokol kesehatan , bagi yang belum silahkan segera mengambil tahap 8 ini, karena nanti akan datang lagi tahap 9 yang kita mulai di akhir bulan November 2020 juga” Ungkap Dino selaku Kepala kantor pos kebon Rojo Surabaya. (Anil/hafiz)

Tinggalkan Balasan